Potensi Sumber Daya Alam

  04 April 2017  |  DESA RINGINTELU

Sebagaimana telah diuraikan pada bagian awal Bab ini, bahwa Desa Ringintelu adalah sebuah desa yang sebagian besar wilayahnya berupa areal persawahan, yakni sekitar 60,48 persen dari seluruh luas wilayah desa. Sedangkan luas wilayah desa yang masih menyerupai hutan hanya sekitar 5,53 persen, dan rawa yang sudah dimanfaatkan sebagai tambak sekitar 0,10 persen, selebihnya adalah berupa wilayah permukiman, tanah wakaf, dan tanah tidak produktif lainnya.

Di samping itu perekonomian desa selama ini bertumpu pada sektor pertanian dan sektor informal lainnya, dengan mayoritas penduduk bermatapencaharian sebagai petani, buruh tani dan pekerja sektor informal. Dengan demikian potensi Sumber Daya Alam yang bisa dimanfaatkan atau digali secara maksimal di Desa Ringintelu meliputi : potensi sektor pertanian, sektor peternakan, sektor industri/ perdagangan dan sektor pariwisata.

Berikut data potensi sumber daya alam yang meliputi Orbitasi (Jarak dari Pusat Pemerintahan), Luas Wilayah Desa Ringintelu Menurut Penggunaan dan Kesuburan Tanah :

 

No

Uraian

Jarak

1.

Jarak dari pusat pemerintahan kecamatan

1,5 km

2.

Jarak dari pusat pemerintahan kabupaten

45 km

3.

Jarak dari pusat pemerintahan propinsi

291 km

4.

Jarak dari pusat pemerintahan pusat

km

 

Sumber data ; Kantor Desa Ringintelu

 

Potensi Sumber Daya Alam sektor Pertanian yang sudah dikelola meliputi hasil padi, dan hasil palawija yang terdiri dari kedelai, jagung, kacang tanah, kacang hijau, ubi jalar, ubi kayu dan lain-lain. Sesuai data yang ada, hasil pertanian rata-rata tiap tahun di Desa Ringintelu yang paling banyak adalah hasil padi yaitu sebanyak 6 Ton/ Ha, sedangkan untuk hasil tanaman Palawija hanya sekitar 1,5 Ton/ Ha.

 

Dilihat dari luas areal pertanian yang dimiliki Desa Ringintelu, maka hasil pertanian rata-rata tiap tahun tersebut belumlah maksimal terutama hasil tanaman palawija. Oleh karena itu melalui RPJMd ini se-luruh warga Desa Ringintelu berharap pemerintah dapat mem-berikan perhatian dalam upaya peningkatan ha-sil-hasil pertanian di Desa Ringintelu ter-

utama terkait permasalahan kekurangan air irigasi yang selama ini sangat dirasakan oleh para petani di Desa Ringintelu. 



.

Contact Details

  Alamat :   JL. KARTINI NO. 07.B - RINGINTELU - KEC. BANGOREJO - KAB. BANYUWANGI
  Email : ds.ringintelu@gmail.com
  Telp. :
  Instagram :
  Facebook : Pemdes.ringintelu
  Twitter :


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi